Sabtu, 19 November 2016

Mitos dan misteri gunung slamet

 Hasil gambar untuk gunung slamet
Gunung Slamet (3.428 meter dpl.) adalah sebuah gunung berapi kerucut yang terdapat di Pulau Jawa, Indonesia. Gunung Slamet terletak di antara 5 kabupaten, yaitu Kabupaten Brebes, Kabupaten Banyumas, Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Tegal, dan Kabupaten Pemalang, Provinsi Jawa Tengah. Gunung Slamet merupakan gunung tertinggi di Jawa Tengah serta kedua tertinggi di Pulau Jawa setelah Gunung Semeru. Kawah IV merupakan kawah terakhir yang masih aktif sampai sekarang, dan terakhir aktif hingga pada level siaga medio-2009.
berbagai mitos yang ada di gunung slamet ini diantaranya

1. maklhuk kecil yang berkeliaran
konon ini adalah seorang manusia yang tersesat dan tidak dapat kembali pulang. dia bertahan hidup dengan cara memakan dedaunan sekitar.

2. pasar setan
di lokasi punggung bukit tepatnya di tanah lapang yang luas, saat malam terdengar ramai sekali seperti pasar. namun ketika kita kesana yang terlihat hanyalah sebuah tanah yang sangat luas

3.pintu kerajaan ghaib
ketika kita mendaki gunung slamet via bambangan kita akan melewati pos samarantu. disana terdapat dua pohon besar yang menyerupai gerbang raksasa. konon di sana ketika para pendaki melewati dua pohon tersebut banyak hal aneh yang terjadi.

Hasil gambar untuk samarantu
4. membelah pulau jawa
mitos lain mengatakan ketika gunung slamet meletus maka terbelah lah pulau jawa menjadi dua. 

sumber: wikipedia dan lainnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar